Home » News » ILCAN Goes to Campus (ILGoCa) di IPB 25 April 2019

ILGOCA 1

 

[Berita ILCAN, Bogor] Dr.Kiman Siregar sebagai Ketua Umum baru ILCAN menyampaikan rencana peluncuran program baru di periode ini. Program ini bernama ILCAN Goes To Campus (ILGoCa), dengan pelaksanaan perdana di IPB Bogor pada tanggal 25 April 2019.

“Pelaksanaan ILGoCa April 2019 ini bekerjasama dengan Sekretaris PROPER dan Dirjen PPKL KLHK dan Prodi PSL Pascasarjana IPB Bogor,“ papar Kiman. “Insya Allah kegiatan berikutnya akan dilaksanakan di ITB dan UI, ” imbuhnya.

Life Cycle Assessment (LCA) adalah suatu metode yang digunakan untuk menganalisa potensi dampak lingkungan suatu sistem produk sepanjang siklus hidup produk tersebut. Siklus ini mencakup mulai dari ekstraksi bahan baku, pengangkutan, proses produksi, distribusi, pemakaian oleh konsumen hingga pengolahan sampah.

Di Indonesia, LCA mulai dipakai secara luas, baik di kalangan akademik, pengambil kebijakan, hingga industri. Sebagai contoh, Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) tengah mengkaji dan mulai mengimplementasikan LCA untuk kegiatan PROPER. PROPER (Program Penilaian Peringkat Kinerja Perusahaan) merupakan salah satu upaya Kementerian Negara Lingkungan Hidup untuk mendorong penataan perusahaan dalam pengelolaan lingkungan hidup melalui instrumen informasi. Langkah awal pengaplikasian LCA dalam Perusahaan PROPER berdasarkan PerDirjen PPKL No. P14/ PPKL/SET/DIK.0/9/2018. Berbagai kegiatan yang dilakukan diarahkan untuk: (i) mendorong perusahaan untuk menaati peraturan perundang-undangan melalui insentif dan disinsentif reputasi, dan (ii) mendorong perusahaan yang sudah baik kinerja lingkungannya untuk menerapkan produksi bersih (cleaner production).

Dalam kegiatan perdana ini, secara umum ILGoCa akan dilakukan sharing & transfer of knowledge antara pembicara dengan para mahasiswa seputar Teori dan Aplikasi LCA di industri Perkebunan Kelapa Sawit, Tebu, dan lain-lain.

ILGoCa pada tanggal 25 April 2019 menghadirkan regulator, peneliti, akademisi dan praktisi LCA, antara lain :

  1. Ir. Sigit Ruliantoro, M.Sc sebagai SekDirjen Pengendalian Pencemaran dan Kerusakan Lingkungan KLHK yang juga sebagai Sekretaris PROPER akan menyampaikan Materi seputar “Aplikasi dan Manfaat Penerapan LCA pada Perusahaan PROPER”.
  2. Dr. Kiman Siregar,S.TP,M.Si sebagai Ketua Umum ILCAN yang juga Dosen Teknik Pertanian Universitas Syiah Kuala akan menyampaikan Materi tentang “Implementasi LCA Pada Produksi Biodiesel Dari Kelapa Sawit dan Solusi Perbaikannya”.
  3. Dr. Ir.Edi Iswanto Wiloso,M.Sc sebagai Pembina ILCAN dan juga Peneliti Senior di LIPI P2Kimia Puspitek Serpong akan menyampaikan Materi tentang “Riset dan Aplikasi LCA di Indonesia”.
  4. Dr. Ir.M Januar Y.Purwanto,M.Sc sebagai Dosen Senior di Program Pascasarjana Pengelolaan Sumber Daya Alam dan Lingkungan IPB dan Teknik Sipil dan Lingkungan Fateta IPB akan meyampaikan Materi “LCA Pada Perkebunan di Indonesia”.
  5. Dr. Nugroho Adi Sasongko,S.T,M.Sc sebagai Peneliti BPPT dan Trainer di ILCAN akan menyampaikan Materi “Life Cycle Inventory (LCI) : Study Pada Pabrik Kelapa Sawit dengan Menggunakan Software GaBi dan OpenLCA.
  6. Dr. Gunawan sebagai Dosen Politeknik Lhokseumawe dan ILCAN yang baru saja menyelesaikan S3 di Pascasarjana Teknologi Industri Pertanian akan menyampai Materi tentang “Perbaikan Kinerja Proses Produksi dan Lingkungan Pabrik Gula Sistem Tertutup Dengan Pendekatan Keseimbangan Massa dan LCA”.
  7. Dr. Bambang sebagai Dosen dan ILCAN yang baru saja juga menyelesaikan S3 di Pascasarjana Pengelolaan Sumber Daya Alam dan Lingkungan akan menyampaikan Materi tentang “Implementasi LCA Pada Pra Perancangan Pabrik Silikon Dari Baggase”.

Bagi peserta yang ingin mendalami Materi dan Praktek Perhitunan LCA secara Manual dan Software ILGoCa ini juga akan dilanjutkan dengan ILCAN Training Series on Life Cycle Assessment (ITSoLCA) pada tanggal 26 – 27 April 2019.

Untuk pendaftaran peserta, dapat menghubungi Nadya (085884117526), Daniel (081376480735), Subur (085692223828) atau register online di http://bit.ly/ilgoca_1

 

ILGOCA 2

Translate »