Home » News » Call for Book Chapter: Penerapan LCA di Indonesia di Era Industri 4.0

HEader Book Chapter LCA Indonesia

Indonesian Life Cycle Asessment Network (ILCAN) mengundang Bapak/Ibu dari akademik, peneliti, pemerintah, praktisi dari perusahaan untuk berkontribusi dalam penulisan Chapter Book.

Buku ini untuk mewadahi knowledge sharing seputar Implementasi LCA di Perusahaan Pada Era Industri 4.0 oleh para pihak yang terdiri dari Academic, Businessman, Government dan Society (ABG-S).

JUDUL BUKU

“Peran Penerapan Life Cycle Asessment (LCA) di Indonesia pada Era Industri 4.0”

SINOPSIS

Industri 4.0 adalah dimana otomasi dan pertukaran data diterapkan secara otomatis pada pabrik dengan menggunakan sistem siber-fisik dengan teknologi IoT, komputasi awan, dan implementasi kecerdasan buatan. Industri 4.0 memiliki tujuan meningkatkan efisiensi dan perbaikan kinerja pada industri. Perbaikan kinerja berupa menurunnya dampak lingkungan juga menjadi salah satu tujuan dari Industri 4.0. Salah satu cara untuk mengukur dampak lingkungan secara total adalah dengan pendekatan Life Cycle Assessment (LCA). LCA merupakan metode kuantitatif yang tertuang dalam SNI ISO 14040 ; 2016 dan SNI ISO 14044 : 2017 sebagai panduan pengendalian lingkungan. LCA telah diakui secara global melalui standar ini yang menjadikan metode ini memiliki peranan penting dalam Industri 4.0.

Berdasarkan latar belakang tersebut, maka diperlukan sebuah diskusi terhadap situasi saat ini dan tinjauan kedepan terhadap penerapan LCA pada Industri 4.0 di Indonesia. Apalagi saat ini LCA sudah dan akan diimplementasikan pada kriteria penilai peringkat perusahaan (PROPER) pada Sekretariat PROPER/ Direkturat Jenderal Pengendalian Pencemaran dan Kerusakan Lingkungan Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan Republik Indonesia (Ditjen PPKL KLHK RI). Salah satu peraturan yang sudah dikeluarkan untuk implementasi LCA di PROPER adalah Perditjen PPKL Nomor: P.14/PPKL/ SET/ DIK.0/9/2018.

Selengkapnya: http://www.ilcan.or.id/sci-database/call-book-chapter/

 

 

Translate »