Home » News » Rakernas 2024: ILCAN Kawal Terus Implementasi LCA di Indonesia

Audiensi ILCAN KLHK
[Jakarta, Berita ILCAN] Sebagaimana agenda rutin sebelumnya, di tahun 2024 ILCAN kembali menggelar rapat kerja 2024. Diselenggarakan secara hybrid dari Bogor, tema rapat tahun ini adalah “Penguatan Peran ILCAN Mengawal Implementasi LCA di Indonesia : Now and Beyond”. Acara diadakan pada hari Sabtu pagi  (17/2) dengan mengundang sejumlah pengurus, peneliti dan pemerhati LCA.

Dalam sambutannya, ketua umum ILCAN, Dr. Kiman Siregar, menggaris bawahi peran penting ILCAN guna terus mengawal implementasi LCA di Indonesia. “Saat ini, penggunaan LCA sudah semakin luas di komunitas akademis maupun industri, ” papar Kiman. “Ini kabar positif yang harus kita kawal agar dapat bersinergi dalam mendukung pembangunan berkelanjutan di Indonesia,” imbuhnya.

Dalam rapat, Kiman memaparkan sejumlah catatan kegiatan tahun sebelumnya dan usulan untuk kegiatan tahun ini. Dijelaskan, beberapa tantangan yang akan dihadapi ke depan antara lain pengembangan jaringan (networking), pengembangan kegiatan ilmiah seperti seminar atau jurnal, dukungan terhadap sosialisasi kegiatan LCA guna mendukung Proper, dukungan terhadap pengembangan kompetensi LCA di tanah air, pengembangan database LCA, dsb. Kiman juga mendorong transisi pengurus guna menindaklanjuti kesepakatan rapat sebelumnya.

“Kami sangat berharap agar ILCAN dapat mewadahi minat riset masing masing anggota secara lebih luas guna membawa kemajuan Bersama, ” tutupnya.

<aars/ilcan>

Translate »